Tips Memilih Rumah yang Baik

Tips Memilih Rumah yang Baik – Rumah adalah aset dengan harga paling mahal bagi kebanyakan keluarga, khususnya bagi pasangan muda. Seiring dengan bertambahnya anggota keluarga atau adanya keharusan berpindah kota, pembelian rumah berikutnya menjadi pilihan.

Terutama di saat usia masih produktif begini, ingin rasanya memiliki rumah sebagai tempat tinggal kelak bersama keluarga. Mencari properti perumahan jual beli rumah baru dan rumah bekas masih dilakukan untuk orang perkotaan.

Mari berbicara sedikit tentang statistik, di tahun 2020 ini, Indonesia akan mendapatkan demografi umur paling spesial, karena 90 juta penduduk Indonesia adalah yang termasuk generasi milenial. Orang-orang yang berada di rentang usia 20-39 tahun dan sedang berada di usia produktif dan tulang punggung keuangan juga sangat membutuhkan tips membeli rumah. Yuk, simak tips memilih rumah yang baik berikut :

  1. Pilih lokasi yang strategis

Lokasi yang strategis juga menentukan prospek harga properti ini di masa depan sehingga rumah yang kita beli bisa sekaligus menjadi alat investasi yang menguntungkan jika ingin dijual kembali. Lokasi yang strategis buat keluarga muda biasanya adalah kedekatan dengan lokasi kerja ataupun minimal lokasi tersebut memiliki/dilewati oleh sarana transportasi yang memadai.

  1. Fasilitas dan Akses

Bagi keluarga muda, fasilitas seperti sekolah untuk anak dan ketersediaan pusat perbelanjaan menjadi hal yang penting. Jadi tidak perlu pusing mencari sekolah atau mencari hiburan saat akhir pekan.

Ketersediaan jalur transportasi seperti akses jalan tol juga harus diperhatikan. Ketersediaan layanan transportasi lain seperti kereta api ataupun feeder bus juga menjadi poin tambahan penting. Buat beberapa orang yang sering bepergian, rumah dekat dengan bandara, terminal ataupun pelabuhan menjadi hal yang penting. Keuntungan memiliki rumah dekat bandara di kota besar seperti Jakarta adalah tidak perlu deg-degan dan bermacet-macet ria dalam mengejar pesawat.

  1. Lingkungan

Lingkungan yang nyaman, aman dan terawat juga menjadi hal yang harus diperhatikan. Percuma rumah bagus namun berada di tengah lingkungan kumuh ataupun rawan kejahatan.

Bagi keluarga muda juga biasanya memasukkan faktor keramaian lalu lintas di lingkungan perumahan sebagai pertimbangan juga. Jangan sampai selalu was-was saat anak mulai minta izin untuk main di luar rumah.

Apalagi untuk area kota besar seperti Jakarta, faktor banjir menjadi pertimbangan tersendiri. Bukan hanya banjir di perumahan lho ya, tapi lingkungan akses menuju perumahan tersebut harus diperhatikan juga.

4.Harga yang Ditawarkan

Ketika developer sudah menawarkan hunian, usahakan jangan langsung menerima. Pertimbangkan harga yang ditawarkan developer, apakah harga tersebut sudah sesuai dengan rumah yang dikembangkan?

Apakah rumah yang Anda pilih menggunakan bahan material yang sesuai dengan harga jual atau tidak. Anda juga perlu membandingkan harga pasar properti sebagai dasar pertimbangan, sehingga Anda tidak merasa rugi dan mendapat rumah pertama sesuai impian Anda.

Cek dengan harga properti di sekitar area tersebut, berapa harga per m2 dari rumah2 di sekitar situ. Dengan sedikit penyesuaian, kita bisa kok menghitung perkiraan harga wajar rumah pilihan kita. Pengecekan bisa dilakukan melalui survei kepada agen-agen properti sekitar lokasi atau melalui penawaran-penawaran di situs jual beli rumah online.

  1. Sesuaikan dengan budget Anda

Pilihlah rumah yang menurut Anda nyaman dan bisa memenuhi kebutuhan Anda. Meski begitu, Anda juga harus menyesuaikan kebutuhan dengan bujet yang dimiliki. 

Jika budget tidak terlalu besar, Anda bisa mendapatkan rumah subsidi dengan harga terjangkau. Ingat, tips membeli rumah subsidi yang terpenting ialah legalitas tanah dan reputasi pihak developer. 

  1. Memahami pengembangan perumahan dan kawasan

Tidak masalah jika terpaksa menjadi penghuni pertama di suatu perumahan yang masih dalam tahap pembangunan. Atau baru mampu membeli rumah di area yang agak jauh dari lokasi yang diinginkan.

Yang penting, tetap cermat untuk memperhatikan peta pengembangan wilayah sekitar lokasi rumah, siapa tau ada rencana pengembangan jalan tol ataupun jalur kereta di area tersebut. Future development dan timeline pengembangan dari perumahan juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan.

Ini agak susah dinilai kalau perumahannya belum siap huni. Namun kualitas bangunan setidaknya bisa dinilai dari rumah contoh yang disediakan. Jadi jangan cuma beli dari pameran properti ya, datangi juga lokasinya untuk bisa tau dengan jelas seperti apa bangunan rumah pilihan kita nantinya.

 

Baca Juga : Rumah Hunian Minimalis

Seperti dijelaskan di awal, pembelian rumah merupakan pembelian termahal dalam mayoritas keluarga di Indonesia. Jadi untuk menentukan waktu yang tepat dalam membeli rumah idaman pun menjadi satu hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Nah, sebagai solusi kebingungan dan bahan rekomendasi dalam pemilihan rumah terbaik kunjungi Rumah Sidoarjo Murah – Royal Orchid Residence menjadi pilihan yang cocok untuk pasangan muda. Lokasi strategis, Design modern, kualitas material terbaik. Proses pembayaran mudah, dan lingkungan yang sejuk , asri, dan minim polusi sehingga sangat nyaman untuk keluarga meski berada di pusat kota. Dapatkan segala kemudahan dan bonusnya di Royal Orchid Sidoarjo.