7 Tips Renovasi Rumah Hemat Biaya

renovasi rumah hemat biaya

Merenovasi rumah hemat biaya = Harga rumah gres yang kian melambung tinggi membuat beberapa orang memilih untuk beli rumah seken atau bekas pakai yang harganya dinilai lebih murah. Sayangnya, desain rumah seken sering nggak sesuai dengan yang diinginkan, belum lagi kalau ada yang masih butuh perbaikan di sana-sini. Mau nggak mau, mesti siap-siap dana untuk renovasi.

Banyak orang menanggap bahwa renovasi rumah butuh biaya yang besar. Padahal, jika pintar mengaturnya, kamu bisa kok memangkas anggarannya. Berikut Hipwee Sukses paparkan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghemat anggaran renovasi rumah.

Cara Menghemat Biaya saat Renovasi Rumah

1. Membeli bahan bangunan bekas namun tetap berkualitas

Material dari bahan bekas ini terbagi dalam dua kategori; reuse dan recycle. Contoh material reuse ialah kusen pintu, kaca, jendela, genteng bongkaran, dan kayu untuk atap. Sedangkan untuk material recycle biasanya berupa batu bata dan keramik. Nah, kamu bisa mencari material bekas ini di toko-toko bahan bangunan terdekat.

2. Manfaatkan diskon

Biasanya, selisih harga yang didapat saat diskon lumayan besar lo! Butuh usaha untuk survei memang, tapi kalau selisih harga yang didapat cukup besar kan lumayan bisa menghemat anggaranmu. Bandingkan harga diskon dari beberapa toko untuk menentukan harga terbaiknya.

Baca Juga : Pajak Penjualan Tanah

3. Membeli bahan bangunan dengan cara grosir

Harga bahan bangunan grosir biasanya jauh lebih murah daripada kalau beli satuan. Kalau jumlah material grosiran yang dibeli dirasa terlalu banyak, kamu bisa menyimpan dan menggunakannya untuk mengerjakan proyek renovasi berikutnya.

4. Pekerjaan yang ringan, kamu bisa melakukannya sendiri

Salah satu biaya renovasi rumah yang terbilang cukup menguras kantong adalah ongkos tukang. Untuk menghemat pengeluaranmu, lakukan pekerjaan yang sekiranya bisa dikerjakan sendiri. Mengecat rumah misalnya. Pakailah jasa tukang bangunan untuk pekerjaan-pekerjaan yang sifatnya teknis dan hanya mereka yang bisa mengerjakannya dengan rapi.

Baca Juga : 5 Inspirasi Warna Rumah

5. Melakukan renovasi rumah dengan cara bertahap

Banyak terjadi kegiatan renovasi rumah dilakukan sekaligus, tapi ujung-ujungnya malah berhenti di tengah jalan. Untuk menghindarinya, coba lakukan renovasi satu per satu saja. Misalnya, bulan ini kamu renovasi ruang tamu, tiga bulan lagi kamu baru renovasi dapur, dan seterusnya. Dengan begini, kamu pun nggak akan mengalami pembengkakan biaya.

6. Pilihlah konsep minimalis yang minim detail

Semakin detail konsep rumah yang diinginkan, biaya renovasi pun tentu akan semakin membengkak. Pilih konsep yang minimalis saja. Nggak cuma lebih hemat, konsep minimalis pun kini sedang tren lo! Karena nggak banyak perkakas, kamu pun jadi lebih leluasa untuk membereskan rumah.

7. Buatlah hiasan rumah atau interior sendiri

Jika kesulitan menemukan ide DIY, kamu bisa coba mencari refrensinya melalui media sosial — Pinterest salah satunya. Pilihlah DIY yang mudah dipraktikkan dan minim biaya.

Satu hal lagi yang mesti kamu perhatikan, baiknya jangan lakukan renovasi rumah saat lagi musim hujan. Selain sulit dalam pengerjaannya, renovasi rumah saat musim hujan pun bisa membuat beberapa material jadi mudah rusak.

Belum lagi risiko kecelakaan kerja karena areanya yang licin. Intinya renovasi rumah bakal lebih aman kalau digarapnya pas musim kemarau.

Nah, kamu yang juga lagi berencana untuk merenovasi rumah dengan budget sedikit, semoga info di atas bisa menghemat uangmu, ya!

 

5 Inspirasi Warna Rumah

inspirasi warna rumah

Desain rumah atau ruangan dengan warna krem – Banyak yang kita temui didalam serial drama kotra. Selain bikin aesthetic, warna krem yang diaplikasikan pada ruangan akan menghadirkan kesan hangat, serta membuat ruangan terasa lebih luas dan lega. Pada tahub ini, warna yang meupakan turunan dari warna coklat ini kembali banyak digun

akan. Sebab, secara psikologi, warna krem juga bisa menghadirkan kesan yang tenang dan nyaman.

Anda ingin mengubah warna rumah menjadi lebih aesthetic seperti didrama-drama korea? berikut adalah inspirasi nya.

  1. Warna krem tak melulu dipadan kan dengan warna putih warna ini pun cocok dikombinasikan dengan biru dan hijau

2. Supaya ruanganmu tidak terlalu ramai, warna hijau dan biru untuk ruangan berwarna krem bisa diaplikasikan pada perabotan. Seperti, pada sofa atau bantalan sofanya

3. Jika kamu pencinta warna-warna earth tone, krem bisa menjadi pilihan tepat untuk menghadirkan tema tersebut. Warna ini sangat cocok dipadankan dengan warna kayu dan hijau

4. Dekorasi boho yang kerap diaplikasikan pada kamar tidur akan semakin estetik dengan cat berwarna krem. Jangan lupa memadukannya dengan perabotan bermaterial rotan

5. Untuk kombinasi warna krem yang lebih modern, kamu bisa memadukannya dengan warna teal. Dua warna ini mewakili warna laut dan pasirnya. Hasilnya? Ruanganmu akan menjadi lebih hangat dan estetik

Itulah tadi inspirasi warna krem untuk ruanganmu. Siap mengubah tampilan kamar menjadi lebih segar dengan warna krem?

Ide-Ide Halaman Belakang Rumah yang Asri

ide halaman belakang rumah yang asriHalaman Belakang yang Asri – Siapa sih yang tidak ingin punya ruang outdoor kecil yang serba personal dengan nuansa hijau di rumahnya? Saya yakin, semua orang pasti mengingininya, termasuk kamu juga, ‘kan? Oleh karena hal inilah, tren halaman belakang rumah semakin banyak dilirik.

Halaman belakang rumah bisa menjadi oase tersendiri di dalam hunian yang penuh privasi, tak peduli seberapa pun ukurannya. Acara bersantai juga akan lebih rileks, apalagi jika didesain dengan nuansa yang asri dan homey, pasti kamu tidak mau beranjak dari halaman belakang rumah. Nah, berikut ini, Saya punya sembilan ide halaman belakang rumah minimalis yang bikin betah dan bisa kamu terapkan, bahkan di hunian mungil sekali pun. Yuk, langsung saja cek bersama-sama!

Halaman Belakang Rumah Modern Bohemian

Dengan sedikit pendekatan pola dan warna, halaman belakang rumah bisa tampil lebih rileks ala Bohemian. Pilihlah furnitur space saving bergaya santai dari bahan natural. Kemudian, tambahkan dekorasi yang semarak, seperti cuhion dan bantal dengan warna ceria yang bisa menghidupkan suasana halaman. Kesan modern pada halaman belakang rumah pun akan tetap terjaga dengan platform dan tapak batu yang tersusun rapi.

Halaman Elegan Minimalis yang Serba Praktis

Halaman belakang rumah minimalis yang homey tetap bisa terlihat luks dan elegan, sesuai dengan gaya keseluruhan rumah. Kamu bisa menggunakan dinding batu alam dan furnitur custom dari bahan kayu yang kokoh. Dekorasi hijau bisa hadir dalam bentuk yang lebih praktis, seperti di dalam pot besar atau jajaran planter yang strategis. Terakhir, percantiklah halaman belakang rumah dengan instalasi lampu tanam yang memeberikan kesan mewah.

Halaman Belakang Instagramable dengan Nuansa Modern

Terlihat instagramable, halaman belakang rumah minimalis ini tidak sulit dihadirkan. Penataannya dimulai dari platform kayu yang rapi, aksen dinding yang modern, serta kehadiran furnitur yang matching dengan model kekinian. Lanskap hijau bisa kamu tata sesuai selera. Tak lupa, ada juga jalur tapak di antara rerumputan yang mempermanis estetika halaman belakang rumah ini.

Halaman Belakang Rumah dengan Aksen Putih

Halaman belakang rumah yang satu ini sangat cocok dihadirkan di hunian muungil yang ingin tampil praktis. Suasana asri hadir melalui aransemen pot dan tanaman rendah yang rindang. Fokus halaman belakang rumah ini ada pada furnitur warna putih yang tampil stylish. Nah, supaya tampilan halaman belakang rumah lebih simpel, kamu bisa menggunakan lantai keramik berwarna cerah. Hasilnya? Sangat sederhana, tapi tetap estetik!

Halaman Belakang Rumah Tropis ala Liburan Mewah

Mau merasakan liburan setiap hari di rumah? Contek saja ide halaman bekalang rumah yang bergaya tropis ini! Platform dari bahan solid hadir mendampingi partisi kayu dan furniture multifungai yang kece. Suasana asri yang mengelilingi halaman belakang rumah ini tidak terlalu ramai, tapi efektif berkat penataan yang simetris dengan model pot yang unik. Jadi, jangan lupa berikan perhatian ekstra pada aksen hijau dan dekorasi yang pas!

Halaman Belakang Rumah Bergaya Modern Tradisional

Untuk halaman belakang rumah yang menawan, kamu bisa membawa perpaduan antara berbagai gaya yang kamu suka, seperti ide di atas. Inspirasi ini sukses menata kesan tradisional dengan kursi rendah dengan bahan katyu adari badan ornamen seni bergaya oriental. Pilihan warna abu modern mengelilingi surga kecil di halaman belakang rumah dan menciptakan area santai yang super homey.

Gimana, sudah menemukan desain halaman belakang rumah minimalis yang tepat untuk hunianmu? Kalau sudah, jangan berlama-lama lagi, langsung saja eksekusi di rumahmu! Jangan lupa tambahkan juga dengan aneka dekorasi dan furnitur multifungsi yang bisa kamu dapatkan

Selain untuk halaman, ada juga furnitur untuk interior rumahmu , sofa, meja makan, . Model dan ukurannya beragam, harganya pun ramah di kantong!

8 Inspirasi Rumah Kaca Minimalis yang Mewah

inspirasi rumah kaca minimalis

Desain Rumah Kaca Minimalis – Pemandangan alam sudah sewajarnya dinikmati dan diapresiasi seutuhnya, setuju? ini sebabnya semakin banyak orang yang menyukai konsep rumah kaca minimalis. Tren rumah kaca minimalis ini bisa menjadi istana kecil yang super homey, terutama untuk lokasi properti yang memang memungkinkan, lebih eksekutif, dan punya panorama hijau.

Nah, rumah kaca minimalis juga bisa diterapkan dengan cara tersendiri. buat kamu yang sedang mencari inspirasinya, langsung saja intip desian rumah kaca minimalis yang keren dan mewah pilihan kita dibawah ini!!

 

Desain yang tidak Lengkang oleh waktu

 

Berestetika modern, inspirasi rumah kaca minimalis pertama ini tampil cantik dengan full bahan kaca transparan. Ditemani dengan pemandangan hijau yang menyejukkan. Desain interior ditata dengan perpaduan clasic dan natural. Ini terlihat dari pilihan furnitur yang menawan dan berkelas, mulai dari kursi berbahan kulit, coffe table kaca, hingga karpet yang berbulu,. Sementara itu, Lantai dibiarkan lebih alami dengan aksen herringbone yang mewah.

Rumah kaca Minimalis Modern

 

Saat membayangkan rumah kaca minimalis, jangan langsung batasi dengan satu bahan kaca sebagai strukturnya. Selalu ada cara menghadirkan rumah kaca minimalis dengan konsep bangunan pada umumnya, tetapi tetap menonjolkan bahan kca transparan sebagai konsep utamanya. solusi seperti tirai atau pencahayaan juga bisa diterapkan supaya ada privasi pada saat-sat yang diinginkan.

Sensai Tropis paling Luks

 

Menggabungkan unsur alam bergaya japanese dengan rumah kaca mimimalis memang bisa jadi pilihan yang tepat. Hasilnya adalah sebuah hunian dengan suasana liburan sepanjang tahun. dengan papan atau platfrom kayu, furniture santai dan kolam renang. boleh dibilang rumah kaca minimalis ini goals banget dan pasti dapat nilai sempurna dari setiap orang!

Privasi & View tetap jadi Prioritas

 

Tidak perlu mengorbankan salah satu antara privasi dan pemandangan jika menginginkan rumah kaca minimalis. Ide desain rumah kaca minimalis yang menggabungkan dua keunggulan tersebut bisa didapatkan dengan memanfaatkan fitur pagar rumah dan eksekusi arah desain. Aturlah sedemikian rupa agar bagian bangunan tetap terlindungi pada area tertentu dan biarkan pemandangan maksimal terekspos disisi lainnya.

Style Merah di Antara Hamparan Hijau

 

Sudah nampak dari kejauhan, rumah kaca minimalis modern ini terlihat fantastis dengan penataan yang serba mewah. Tidak hanya desain bentuk megah, penampilannya juga didukung instalasi lighting yang elegan. Tanpa banyak unsur yang ribet ini justru terlihat glowing dihamparan rumput hijau yang rapi.

Baca Juga : Keuntungan Punya Rumah Sendiri

Pemanfaatan pintu & jendela kaca

 

Ada solusi rumah kaca minimalis sederhana yang bisa kamu terapkan. Walaupun bentuk bangunannya seperti model rumah minimalis biasa, tapi kamu bisa mengganti akses dengan pintu geser atau jendela kaca berukuran besar. Strategi ini bisa menghadirkan nuansa rumah kaca minimalis yang lebih space-saving. Anda juga bisa loh menerapkan konsep desain japanese biar makin homey dan adem.

Rumah kaca minimalis Bergaya Hangat

 

Rumah kaca minimalis yang ukurannya tidak terlalu besar ini dibungkus dengan panel kayu pada permukaan bangunannya. dengan material kaca dan kayu, bisa dibayagkan bagian interiornya juga minimalis tapi hangat dan menawan. Boleh banget ditiru, nih khususnya buat kamu yang punya perkarangaan luas agar tetap ada kesan privasinya.

Hitam Putih Minimalis Sejati

 

Salah satu pelet warna cat rumah yang bagus untuk desain rumah kaca minimalis adalah kombinasi hitam putih yang memang menjadi favorit sejak dulu. Inpirasi ini terlihat simpel, tapi bergaya aesthetic maksimal. Dengan adanya  atap berukuran ekstra yang menaungi bagian teras, ada ruang bersantai yang terlihat. styling bagian interiornya juga sederhana, tapi mewah dengan furnitur berkualitas.

Nah, dari semua inspirasi rumah kaca minimalis di atas, kira-kira desain mana nih yang mau kamu wujudkan? apapun pilihan mu, pstikan agar bahan kaca atau material lain yang kamu gunakan berkualitas, ya!

Tips Memilih Rumah yang Baik

Tips Memilih Rumah yang Baik – Rumah adalah aset dengan harga paling mahal bagi kebanyakan keluarga, khususnya bagi pasangan muda. Seiring dengan bertambahnya anggota keluarga atau adanya keharusan berpindah kota, pembelian rumah berikutnya menjadi pilihan.

Terutama di saat usia masih produktif begini, ingin rasanya memiliki rumah sebagai tempat tinggal kelak bersama keluarga. Mencari properti perumahan jual beli rumah baru dan rumah bekas masih dilakukan untuk orang perkotaan.

Mari berbicara sedikit tentang statistik, di tahun 2020 ini, Indonesia akan mendapatkan demografi umur paling spesial, karena 90 juta penduduk Indonesia adalah yang termasuk generasi milenial. Orang-orang yang berada di rentang usia 20-39 tahun dan sedang berada di usia produktif dan tulang punggung keuangan juga sangat membutuhkan tips membeli rumah. Yuk, simak tips memilih rumah yang baik berikut :

  1. Pilih lokasi yang strategis

Lokasi yang strategis juga menentukan prospek harga properti ini di masa depan sehingga rumah yang kita beli bisa sekaligus menjadi alat investasi yang menguntungkan jika ingin dijual kembali. Lokasi yang strategis buat keluarga muda biasanya adalah kedekatan dengan lokasi kerja ataupun minimal lokasi tersebut memiliki/dilewati oleh sarana transportasi yang memadai.

  1. Fasilitas dan Akses

Bagi keluarga muda, fasilitas seperti sekolah untuk anak dan ketersediaan pusat perbelanjaan menjadi hal yang penting. Jadi tidak perlu pusing mencari sekolah atau mencari hiburan saat akhir pekan.

Ketersediaan jalur transportasi seperti akses jalan tol juga harus diperhatikan. Ketersediaan layanan transportasi lain seperti kereta api ataupun feeder bus juga menjadi poin tambahan penting. Buat beberapa orang yang sering bepergian, rumah dekat dengan bandara, terminal ataupun pelabuhan menjadi hal yang penting. Keuntungan memiliki rumah dekat bandara di kota besar seperti Jakarta adalah tidak perlu deg-degan dan bermacet-macet ria dalam mengejar pesawat.

  1. Lingkungan

Lingkungan yang nyaman, aman dan terawat juga menjadi hal yang harus diperhatikan. Percuma rumah bagus namun berada di tengah lingkungan kumuh ataupun rawan kejahatan.

Bagi keluarga muda juga biasanya memasukkan faktor keramaian lalu lintas di lingkungan perumahan sebagai pertimbangan juga. Jangan sampai selalu was-was saat anak mulai minta izin untuk main di luar rumah.

Apalagi untuk area kota besar seperti Jakarta, faktor banjir menjadi pertimbangan tersendiri. Bukan hanya banjir di perumahan lho ya, tapi lingkungan akses menuju perumahan tersebut harus diperhatikan juga.

4.Harga yang Ditawarkan

Ketika developer sudah menawarkan hunian, usahakan jangan langsung menerima. Pertimbangkan harga yang ditawarkan developer, apakah harga tersebut sudah sesuai dengan rumah yang dikembangkan?

Apakah rumah yang Anda pilih menggunakan bahan material yang sesuai dengan harga jual atau tidak. Anda juga perlu membandingkan harga pasar properti sebagai dasar pertimbangan, sehingga Anda tidak merasa rugi dan mendapat rumah pertama sesuai impian Anda.

Cek dengan harga properti di sekitar area tersebut, berapa harga per m2 dari rumah2 di sekitar situ. Dengan sedikit penyesuaian, kita bisa kok menghitung perkiraan harga wajar rumah pilihan kita. Pengecekan bisa dilakukan melalui survei kepada agen-agen properti sekitar lokasi atau melalui penawaran-penawaran di situs jual beli rumah online.

  1. Sesuaikan dengan budget Anda

Pilihlah rumah yang menurut Anda nyaman dan bisa memenuhi kebutuhan Anda. Meski begitu, Anda juga harus menyesuaikan kebutuhan dengan bujet yang dimiliki. 

Jika budget tidak terlalu besar, Anda bisa mendapatkan rumah subsidi dengan harga terjangkau. Ingat, tips membeli rumah subsidi yang terpenting ialah legalitas tanah dan reputasi pihak developer. 

  1. Memahami pengembangan perumahan dan kawasan

Tidak masalah jika terpaksa menjadi penghuni pertama di suatu perumahan yang masih dalam tahap pembangunan. Atau baru mampu membeli rumah di area yang agak jauh dari lokasi yang diinginkan.

Yang penting, tetap cermat untuk memperhatikan peta pengembangan wilayah sekitar lokasi rumah, siapa tau ada rencana pengembangan jalan tol ataupun jalur kereta di area tersebut. Future development dan timeline pengembangan dari perumahan juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan.

Ini agak susah dinilai kalau perumahannya belum siap huni. Namun kualitas bangunan setidaknya bisa dinilai dari rumah contoh yang disediakan. Jadi jangan cuma beli dari pameran properti ya, datangi juga lokasinya untuk bisa tau dengan jelas seperti apa bangunan rumah pilihan kita nantinya.

 

Baca Juga : Rumah Hunian Minimalis

Seperti dijelaskan di awal, pembelian rumah merupakan pembelian termahal dalam mayoritas keluarga di Indonesia. Jadi untuk menentukan waktu yang tepat dalam membeli rumah idaman pun menjadi satu hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Nah, sebagai solusi kebingungan dan bahan rekomendasi dalam pemilihan rumah terbaik kunjungi Rumah Sidoarjo Murah – Royal Orchid Residence menjadi pilihan yang cocok untuk pasangan muda. Lokasi strategis, Design modern, kualitas material terbaik. Proses pembayaran mudah, dan lingkungan yang sejuk , asri, dan minim polusi sehingga sangat nyaman untuk keluarga meski berada di pusat kota. Dapatkan segala kemudahan dan bonusnya di Royal Orchid Sidoarjo. 

 

Hiasan Rumah Dari Barang Bekas

Hiasan Rumah Dari Barang Bekas – Barang bekas bisa jadi alternatif untuk menghias ruangan di rumah dengan harga yang terjangkau. Tak hanya menghemat pengeluaran, dekorasi rumah memanfaatkan barang bekas juga bisa mengurangi limbah sampah rumah tangga lho. 

Kamu bisa menggunakan kaleng bekas, bohlam yang sudah tidak terpakai, hingga ranting pohon. Tertarik membuat dekorasi rumah dengan barang bekas di rumahmu? Yuk, simak inspirasinya di bawah ini :

Kardus bekas

Ketika belanja online atau ketika mendapat kiriman paket pasti banyak memanfaatkan kardus sebagai media untuk membungkus barang. Tak heran jika kardus tak terpakai menumpuk di rumah. Nah, kamu bisa gunakan kardus itu sebagai tempat tisu. Kamu bisa melapisinya dengan tali atau kertas yang cantik.

Kertas tak terpakai

Koran atau kertas-kertas yang sudah tak dibaca dan digunakan bisa kamu manfaatkan sebagai hiasan dinding. Kamu bisa modifikasi dengan mengguntingnya menjadi bentuk-bentuk yang lucu seperti bentuk daun, bunga dan lain-lain.

Ranting berjatuhan

Ranting-ranting yang berjatuhan juga bisa kamu manfaatkan sebagai vas bunga. Cukup menggunakan tali dan lem yang kuat untuk menyambungkannya. Setelah itu pilih tanaman yang cantik untuk diletakkan di vas tersebut.

Kaleng bekas

Kaleng yang sudah tidak terpakai bisa digunakan sebagai pot tanaman juga atau bisa dimanfaatkan sebagai wadah barang-barang kecil supaya tidak berantakan. Cukup hiasan kaleng dengan berbagai warna dan gambar sesuai keinginanmu.

Botol kaca

Sulap botol bekas di dapur menjadi lampu gantung yang cantik untuk berbagai sudut di rumahmu. Kamu hanya perlu membersihkan botol dan mengisinya dengan lampu-lampu cantik. Kemudian, gantung lampu dari botol tersebut di area yang membutuhkan penerangan di malam hari seperti taman. 

Baca Juga : 5 Cara Mengelolah Sampah Rumah Tangga 

Ternyata mendapatkan hiasan rumah dari barang bekas nggak sulit, kan? Kamu hanya perlu mengkreasikan barang-barang yang ada di sekitar rumah saja. Selain mendapatkan pajangan yang unik, kamu juga bisa melestarikan lingkungan karena menggunakan barang-barang bekas.

Mempercantik tampilan rumah menjadi salah satu hal yang perlu kita perhatikan khususnya buat kamu yang baru saja pindah ke rumah baru. Dengan berbagai dekorasi yang ada saat ini, kamu bisa menciptakan tampilan rumah yang diimpikan sesuai keinginan masing-masing.

Kini banyak sekali berbagai jenis dekorasi rumah yang bisa kita pilih untuk memperindah suasana rumah. Bahkan beberapa dekorasi rumah yang ada saat ini bisa kita buat sendiri atau beli langsung di tempat jual dekorasi rumah. Selamat mencoba.

 

Meja Makan Rumah Minimalis

Model meja makan rumah minimalis ini sangat cocok untuk Moms dan Dads yang menginginkan desain meja makan kekinian.Untuk mempercantik ruang makan, meja makan minimalis di desain dengan tampilan yang sangat modern walaupun sederhana.

Kini, meja makan minimalis telah hadir dengan beragam desain dan juga model yang dapat disesuaikan dengan konsep ruang makan minimalis yang ideal bagi Moms dan Dads.Meja makan minimalis tersedia dalam berbagai pilihan kapasitas, mulai dari hanya dua kursi, empat kursi, enam kursi, dan seterusnya. Ukuran meja dan jumlah kursi dapat disesuaikan dengan jumlah pengguna meja makan atau penghuni rumah.

Selain itu pilihan meja makan perlu memerhatikan desain dan bahan yang selaras dengan interior ruang makan minimalis.Berikut adalah beberapa contoh model meja makan minimalis yang bisa menjadi inspirasi:

1.Meja Makan Lipat

Model meja makan lipat ini menjadi pilihan yang sangat cocok untuk tipe rumah minimalis.Dengan menggunakan model meja makan lipat, ruangan akan terasa lebih luas dan menghemat ruangan.

Desain meja makan lipat minimalis ini memberikan keuntungan dari sisi efisiensinya.Bahan kayu seperti contoh di atas dengan perpaduan warna netral dan senada dengan ruang makan memberikan kesan minimalis dan cozy.

Jika memiliki gaya hidup praktis dan aktif, meja makan ini adalah pilihan yang tepat untuk mengisi ruang makan minimalis.

 

2.Meja Makan Minimalis Kaca

Meja makan minimalis lainnya adalah yang terbuat dari kaca. Meja makan kaca biasanya dikombinasikan dengan besi atau kayu sebagai kerangka dan kaki meja agar terlihat lebih kokoh.

Meja makan kaca dapat dijadikan pilihan bagi orang-orang yang menginginkan desain minimalis namun tetap modern.Modelnya berbagai macam, seperti bentuk bundar, oval maupun persegi.

 

3.Meja Makan Minimalis Vintage

Meja makan minimalis bergaya vintage sangat unik karena memadukan desain dengan gaya klasik, namun dipoles dengan teknik pewarnaan yang modern dan memberi kesan vintage.

Meja makan jenis ini terkesan kokoh sekaligus elegan. Terbuat dengan bahan dasar kayu memberikan kesan estetik dengan warna natural.Pemilihan model vintage ini akan memberikan tampilan ruangan akan terkesan artistik.Penggunaan kayu secara dominan maupun sekadar aksen dekoratif saja, akan memberikan keunikan tersendiri pada tampilan visual ruangan.

 

4.Meja Makan Sudut

Banyak orang lebih suka jika perabotan mereka menyatu dengan ruangan karena memberikan gaya yang lebih kohesif untuk seluruh ruang.

Tidak jarang pula ada yang menyukai tampilan warna dengan kontras warna yang tinggi karena memungkinkan perabotan ruang makan untuk lebih menonjol.

Set meja makan sudut bergaya kontemporer ini menampilkan konstruksi kayu yang banyak digunakan, dipadukan dengan pelapis kulit hitam.Meja makan sudut dirancang agar sesuai dengan gaya ruangan dengan bentuk memanjang dan di sudut tembok.

 

5.Meja Makan Minimalis Gaya Urban

Model meja makan ini didesain sebagai Urban Small Dining Table. Memiliki kesan elegan dan fungsional untuk ruang makan minimalis.

Gaya urban ini memiliki bingkai logam yang ramping dengan menambahkan sentuhan modern yang dapat memberikan kesan sempurna ke ruang mana pun.Model ini terdiri dari empat kursi, dengan model meja yang dapat menghemat ruangan dengan kursi persegi.Meja makan minimalis jenis ini sangat tepat untuk ruang makan yang memiliki tema kasual atau rustic, serta mudah dibersihkan hanya dengan kain lembap.

Bahan atas meja dan kursi dibuat dari kayu pabrikan yang memiliki warna kayu Oak dengan kombinasi bingkai logam pada bagian bawah meja dan kursi.

 

6.Meja Makan Minimalis Modern

Model meja makan minimalis empat kursi ini dibuat dengan kayu yang memberikan aspek modern.Keempat kursi dibuat tanpa lengan dan dibungkus dengan bahan polyester yang tahan pudar dan noda.

Meja kayu yang diproduksi berdiri di atas kaki logam yang meruncing dan menawarkan banyak ruang bagi penggunanya. Bahan dasar bawah meja terbuat dari besi logam.

 

7.Meja Makan Minimalis Kayu Solid

Perabot set meja makan minimalis berikut ini cocok bagi Moms yang ingin memiliki model meja yang mewah namun tetap minimalis. Terdiri dari empat kursi dan satu meja dengan bentuk bundar.

Terbuat dari bahan kayu solid dan pabrikan dengan warna hitam, model ini memberikan sentuhan gaya klasik yang dijamin tahan lama dan tak lekang oleh waktu.

 

8.Meja Makan Minimalis Kaca

Meja makan persegi panjang model ini sempurna sebagai pilihan jika tinggal di apartemen. Meja makan persegi panjang ini berbahan kaca sehingga memberikan kesan yang modern dan elegan.

Dilengkapi dengan tempat duduk berkontur dan punggung melengkung, sehingga dapat digunakan untuk makan sekaligus duduk-duduk santai dan mengobrol lama setelah waktu makan berakhir.

Bagian atas kaca yang transparan dan bagian bawah berbahan logam memberikan nuansa alam yang menyatu dengan dekorasi apa pun, memberikan tampilan ruangan yang bersih dan mengkilap.

 

9.Meja Makan Minimalis Gaya Kontemporer

Meja makan minimalis empat kursi yang dibuat dengan desain kontemporer menghadirkan kesederhanaan yang memiliki nilai estetika yang tinggi.

Dibuat dalam potongan siluet kontemporer dengan kokoh dan tahan lama. Set meja makan seperti ini memiliki tampilan ultra-modern yang dapat digunakan sebagai pelengkap dekorasi interior ruang makan.

Model ini menghadirkan cahaya modern yang glamor di sekitar ruang makan dan memberikan kesan waktu makan yang menyenangkan.Didesain dengan bahan atas meja yang terbuat dari kaca dan bahan kaki kursi yang terbuat dari logam dengan sentuhan warna hitam.

 

10.Meja Makan Minimalis Gaya Tradisional

Meja makan minimalis empat kursi ini memiliki desain tradisional yang dipadukan dengan sentuhan gaya kontemporer.

Terbuat dari kayu karet padat, set yang menawan ini mencakup meja persegi panjang berjajar rapi dengan kaki persegi yang meruncing dan empat kursi samping silang klasik dengan kursi berlapis serat mikro. Meja ini cocok diletakkan di dekat jendela yang terang.

Rekomendasi Desain Model Pintu Kupu Tarung

Rekomendasi Desain Model Pintu Kupu Tarung

Ingin rumah kamu terlihat lebih megah, mewah, dan juga elegan? Saatnya kamu beralih untuk melirik pintu kupu tarung sebagai pilihan yang tepat.

Kupu tarung adalah jenis pintu yang terdiri dari dua pintu bukaan, kanan dan kiri, tentunya pintu ini berukuran lebar.Jenis pintu ini seringkali membuat tampilan rumah minimalis sederhana menjadi lebih mewah dan megah, apalagi karena bentuknya yang besar.

Jadi, tak heran jika kini banyak sekali orang yang menggunakan jenis pintu kupu seperti ini untuk rumah mereka.Model pintu kupu tarung sendiri, terdiri dari berbagai material dan jenis, ada yang menggunakan material kayu sepenuhnya, ada pula yang mengkombinasikan dengan kaca.

Meskipun jenis pintu ini seringkali dikaitkan dengan pintu klasik, tetapi seiring waktu, model kupu tarung bisa untuk berbagai gaya.Seperti rumah minimalis, model rumah modern, industrial, rumah gaya Japandi, atau gaya hunian lainnya.

Berikut ini, sejumlah inspirasi model pintu kupu tarung yang bisa kamu jadikan referensi pintu rumahmu.

 

1. Kupu Tarung Pahat

Motif pintu kupu tarung ini sangat cocok untuk untuk rumah minimalis milik kamu, desainnya menjadi aksen yang menarik lo.

Pintu berwarna cokelat ini terlihat lebih natural dan rumah pun begitu megah, terlebih lagi dipadukan dengan batu marmer di sekelilingnya.

 

2. Pintu dengan Kaca Buram

Kombinasi pintu dengan kaca buram seperti ini menjadi cara paling aman untuk membuat pintu lebih menarik. kombinasi yang menarik.

Warna terang pada pintu, senada dengan batu alam dinding teras rumah dengan warna yang sama.

 

3. Pintu yang Dikelilingi Kaca Gelap

Desain pintu minimalis terbaru ini sangat cocok untuk konsep rumah kamu, bisa dipadukan dengan desain eksterior hunian.

Warna dan corak yang natural pada pintu akan terlihat menarik, dapat dipadukan dengan kaca gelap pada sekeliling pintu.

 

4. Gambar Pintu Minimalis

Salah satu model pintu kupu tarung ini adalah pintu yang paling sering digunakan pada rumah minimalis, bentuknya sederhana

Meskipun model pintu ini terlihat simple, namun tampilan rumah kamu bisa menjadi lebih megah dan juga elegan.

 

5. Pintu Hitam Handle Stainles

Satu lagi pintu yang bikin rumah kamu lebih mewah dan megah, pilihan pintu hitam dengan handle stainless, terlihat mewah ya.

Handle pintu kupu tarung ini begitu elegan dipadukan dengan pintu hitam nan mewah, pilihan warna hitam memang membuat klasik dan elegan.

 

6. Pintu Kupu Tarung dengan Handle Panjang

Model pintu rumah minimalis 2 pintu terbaru ini benar-benar membuat tampilan rumah begitu menarik, berbeda dengan desain sebelumnya.

Perpaduan beberapa warna cokelat pada pintu, membuatnya lebih hidup dengan cat hitam dan batu alam pada dinding teras.

 

7. Motif Pintu Kayu Minimalis

Untuk kamu yang tidak menginginkan corak pintu yang terlalu heboh, bisa menggunakan motif pintu minimalis berikut.

Desain yang sederhana tetap memberikan kesan megah pada kedua pintu tersebut, pilih pintu kayu dengan serat yang terlihat jelas.

 

8. Nuansa Cokelat yang Membuat Rumah Terasa Nyaman

Warna cokelat pada pintu ini membuat suasana teras depan rumah semakin cantik, apalagi kalau kamu memiliki taman dan teras.

Kamu bisa menghadirkan berbagai tanaman dan pepohonan yang tumbuh di teras, pastinya bisa membuat mata lebih sejuk.

 

9. Pintu dengan Kaca Motif

Motif pintu kayu minimalis berikut begitu terlihat megah, ada kaca motif yang memanjang, kamu bisa memadukan material kayu dan kaca.

Terlebih lagi handle pintu yang beda dari biasanya, jangan sepelekan pegangan pintu lo, bagian ini bisa menjadi dekorasi yang menarik.

 

10. Konsep Industrial Pintu Kupu Tarung

Ternyata konsep rumah dan teras industrial cocok, lo, menggunakan pintu model ini, hunian menjadi terlihat lebih elegan lagi kan?Warna-warna industrial terlihat begitu selaras dengan warna cokelat yang berkilau pada pintu, padu padan warna memang penting.

 

 

Model Pilar Rumah Minimalis Terbaru

pilar rumah minimalis – selain menopang beban rumah, tahukah Anda bahwa pilar rumah juga bisa menciptakan suasana rumah yang berbeda? Pilar yang tepat bisa membuat rumah Anda terlihat lebih mewah dan cantik. Memilih model pilar rumah tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena dengan model pilar yang tidak sesuai hanya akan membuat rumah terlihat aneh dan tidak proporsional. Untuk lebih lengkapnya, baca terus artikel ini sampai habis!

  • Pilar Rumah Klasik
  • Pilar Rumah Mewah
  • Pilar Teras Rumah
  • Pilar Minimalis untuk Rumah Minimalis
  • Pilar Rumah Bulat
  • Pilar Hias Corinthian
  • Pilar Rumah dengan Ukiran
  • Pilar Rumah Farmhouse Model Y
  • Pilar Kombinasi Kayu dan Batu
  • Pilar Kayu Sederhana

1.Pilar Rumah Klasik

Salah satu model pilar yang cukup umum ditemui adalah pilar rumah klasik. Model pilar ini mengambil gaya bangunan kuno yang berasal dari Romawi dan Yunani. Mengutip dari Houzz, model pilar rumah klasik sudah ada sejak 2500 tahun yang lalu, yaitu sejak zaman Yunani. Saat itu terdapat 3 Ordo Klasik yang bernama Doric, Ionic, dan Corinthian yang masing-masing memiliki desain dan gaya pilarnya yang berbeda.

 

Salah satu ciri khas dari pilar rumah klasik adalah ukuran dari pilar yang besar, di cat dengan warna-warna cerah seperti putih, dan penempatannya diposisikan pada sudut-sudut eksterior rumah atau diletakkan secara berjajar pada satu garis.

 

2.Pilar Rumah Mewah

Mengadopsi desain kolonial Amerika, desain pilar rumah mewah memiliki bentuk yang lebih bervariatif. Bentuk dan desain dari pilar akan mengikuti desain dari rumahnya. Apabila rumah memiliki bentuk yang lebih modern dengan tarikan garis yang lebih tegas, desain pilar akan memiliki bentuk yang tegas dan tidak membulat.

 

3.Pilar Teras Rumah

Mengutip dari Do It Yourself, pilar teras rumah umumnya hanya bersifat dekoratif dan tidak memiliki daya topang terhadap beban rumah. Karena sifatnya yang dekoratif itulah Anda bisa lebih leluasa untuk memilih desain dari pilar tanpa harus takut dan memikirkan kemampuan topang dari pilar rumah tersebut. Ukuran pilar teras rumah juga lebih kecil dan membuat harga pilar model ini jauh lebih murah dibandingkan pilar lainnya.

 

4.Pilar Minimalis untuk Rumah Minimalis

Model pilar rumah yang selanjutnya adalah pilar minimalis untuk rumah minimalis. Meskipun pada umumnya rumah minimalis jarang yang menggunakan pilar, Anda masih bisa menggunakan model pilar minimalis yang berfungsi sebagai pilar dekoratif untuk rumah. Ukuran dari pilar minimalis juga lebih kecil dari pilar struktural karena tidak ada beban bangunan yang perlu ditopang oleh pilar tersebut.

 

5.Pilar Rumah Bulat

Tahukah Anda bahwa pilar rumah bulat memiliki kekuatan struktural yang lebih baik dibandingkan dengan pilar segi empat biasa? Mengutip dari Civil Jungle, pilar berbentuk bulat tabung tidak memiliki titik lemah yang dapat mempengaruhi kekuatan struktur bangunan. Berbeda dari pilar segi empat yang memiliki empat buat titik sudut yang bisa mengurangi penyebaran beban pada struktur pilar.

Pilar rumah bulat memiliki desain yang mudah untuk diaplikasikan pada berbagai desain rumah. Mulai dari rumah minimalis hingga rumah klasik cocok untuk menggunakan pilar rumah bulat. Anda bisa memanfaatkan model pilar rumah ini dengan mudah tanpa mengurangi estetika dari rumah.

 

6.Pilar Hias Corinthian

Apabila Anda ingin memilih model pilar rumah yang menarik dan tidak membosankan, pilar hias corinthian bisa menjadi pilihan utamanya. Model pilar ini bisa dikenali dari ukiran yang indah dan mencerminkan masa Orde Corinthian Yunani. Dikarenakan memiliki banyak ukiran, pilar hias corinthian ini dijual dengan harga yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan pilar rumah lainnya.

 

7.Pilar Rumah dengan Ukiran

Jika kurang tertarik dengan pilar hias corinthian yang terlalu ramai, Anda bisa memilih model pilar rumah dengan ukiran sederhana. Model ukiran yang ditawarkan cukup beragam, ada yang memiliki ukiran pada bagian kolom pilar saja, ada juga yang ukirannya dibuat pada bagian atas dan bawah dari pilar tersebut. Pilihlah pilar rumah dengan ukiran yang sesuai dengan desain rumah Anda.

 

8.Pilar Rumah Farmhouse Model Y

Salah satu model pilar yang cukup populer di kawasan farmhouse yang bisa dijumpai di kota Texas, Amerika Serikat adalah pilar model Y. Sesuai dengan namanya, pilar ini memiliki bentuk layaknya huruf Y. Bentuk tersebut dimaksudkan supaya pilar bisa menopang dan menyebar beban bangunan secara merata ke dalam tanah tanpa harus menggunakan pilar yang berukuran besar. Model pilar ini sangat cocok untuk Anda yang ingin membangun rumah bertemakan farmhouse modern.

 

9.Pilar Kombinasi Kayu dan Batu

Model pilar rumah yang selanjutnya adalah pilar kombinasi kayu dan batu. Model pilar ini memiliki estetika yang sangat indah, dan bisa memberikan kesan natural pada rumah. Desain pilar kayu dan batu cukup bervariatif. Supaya lebih menarik, Anda bisa mengecat bagian batu supaya memiliki warna yang sama dengan rumah.

 

10.Pilar Kayu Sederhana

Tertarik ingin membuat rumah Anda terlihat natural? Anda bisa menggunakan pilar kayu sederhana yang dipasang pada teras rumah. Desain dari pilar kayu mencerminkan tampilan yang natural dan sangat cocok untuk diaplikasikan pada rumah berdesain sederhana hingga rumah berdesain kontemporer.

Taman Kecil Belakang Rumah Minimalis Impian

Memiliki taman belakang rumah minimalis mungkin adalah impian semua orang. Ruang hijau ini bisa menjadi short escape di tengah kesibukan pekerjaan dan penatnya pikiran tanpa harus keluar rumah. Bersama orang-orang tersayang, taman belakang rumah minimalis bisa jadi tempat bersenda gurau hingga membicarakan topik yang lebih serius. Pasti banyak yang berharap tetap memiliki taman belakang rumah meski lahan tinggal terbilang sempit.

Dalam mendesain taman belakang rumah minimalis di lahan sempit, kamu tidak boleh sembarangan. Sebab, peletakkan tanaman hias hingga furnitur yang salah bisa membuat taman belakang rumah minimalis justru tidak dapat jadi tempat bersantai yang nyaman. Maka dari itu, kamu butuh beberapa inspirasi taman belakang rumah minimalis supaya taman belakangmu bisa jadi pelepas duka dan lara. Yuk, kita intip!

Taman belakang rumah romantis dengan tanaman

Lahan belakang rumah yang sempit tidak selalu jadi penghalang. Justru, kamu harus menganggapnya sebagai tantangan untuk memicu otak berpikir kreatif mengubah lahan sempit tersebut jadi taman belakang rumah minimalis yang menawan, seperti taman ini. Sang pemilik rumah mampu mengombinasikan furnitur dan tanaman dengan sempurna.

Sebagai pijakan kaki, balok tanah liat dipasang di tengah taman dikelilingi batu alam. Tanaman hijau yang meski sedikit, tersebar apik di sisi taman dan merambat di tembok. Pohon besar di belakang kursi jadi atraksi utama taman belakang rumah minimalis ini. Kain-kain bermotif digantungkan di dinding untuk memberi aksen yang berbeda. Terakhir, sentuhan lampu LED gantung menambah elegannya taman belakang rumah minimalis.

Hammock di taman belakang rumah

 

Tak hanya kursi, kamu bisa menaruh hammock makrame di taman belakang rumah minimalis untuk waktu bersantai yang lebih nyaman. Karena lahan taman sempit, hanya tanaman hijau berukuran kecil hingga sedang yang disebar di sekeliling tempat bersantai ini. Tak ketinggalan, ikut meramaikan taman belakang rumah minimalis, coffee table ditaruh di tengah taman untuk meletakkan kopi atau makanan.

Warna-warna unsur taman yang dipakai terlihat menyatu dengan sekat kayu hitam yang memisahkannya dengan rumah tetangga. Tak lupa, kehadiran lampu-lampu LED kuning jadi penerangan utama taman saat malam tiba. Suasana taman belakang rumah minimalis seperti ini mampu menciptakan keiintiman yang lebih hangat.

Paving block dan papan kayu di taman belakang rumah

Di taman belakang rumah minimalis kali ini, porsi paving block terlihat lebih banyak karena digunakan sebagai jalan setapak. Balok warna abu-abu ini dipasang horizontal di tiap ujung taman dan vertikal di tengah taman. Peletakkannya mampu membagi taman menjadi dua sisi, sisi kiri hanya rumput polos dan sisi kanan dengan beragam bunga seperti bunga lavender dan tanaman daun lain.

Tak lupa, pintu kayu ikut berkolaborasi bersama paving block sebagai akses menuju ke sisi lain rumah. Di sekitar pintu tersebut diletakkan banyak tanaman luar ruangan sehingga menciptakan sebuah pemandangan indah yang bisa jadi oase sambil melamun di kursi. Kamu juga bisa sekaligus melakukan urban farming atau bercocok tanam sehingga akan ada atmosfir alami yang makin terasa di taman belakang rumah minimalis kamu.

Air mancur di taman belakang rumah

Untuk beberapa orang, suara air mancur bisa membuat pikiran lebih tenang. Jika kamu salah satunya, kamu bisa menghadirkan air mancur kecil ini di taman belakang rumah minimalis milikmu. Kamu tak harus menggali kolam yang lebar, cukup dengan mangkuk keramik besar yang diletakkan di lahan kecil dikelilingi batu alam besar. Keuntungan dari model air mancur ini pada taman belakang rumah minimalis adalah kamu tidak perlu menguras kolam terlalu sering karena kedalamannya yang cetek.

Tempat makan di taman belakang rumah

Selain sebagai tempat melepas penat, taman kecil minimalis yang sempit juga bisa diubah jadi tempat makan. Sama seperti taman belakang rumah minimalis pada umumnya, tumbuh-tumbuhan hijau, seperti tanaman aglonema merupakan tanaman yang wajib ada. Sekat kiri kanan taman menggunakan anyaman bambu. Berjalan lurus ke depan, kamu akan sampai di tempat makan berkanopi kayu. Kombinasi warna kayu mampu menjadikan tempat makan atraksi utama taman ini.

Kamu bisa menggunakan taman belakang rumah minimalis di saat-saat tertentu, seperti menyambut malam tahun baru dan kumpul keluarga. Selain itu, taman belakang rumah minimalis ini bisa jadi private barbecue, lho.

Dari kelima taman belakang rumah minimalis ini, mana pilihanmu? Dijamin, lahan sempit belakang rumah bisa jadi tempat yang menyenangkan selain kamar tidur.