7 Tips Renovasi Rumah Hemat Biaya

renovasi rumah hemat biaya

Merenovasi rumah hemat biaya = Harga rumah gres yang kian melambung tinggi membuat beberapa orang memilih untuk beli rumah seken atau bekas pakai yang harganya dinilai lebih murah. Sayangnya, desain rumah seken sering nggak sesuai dengan yang diinginkan, belum lagi kalau ada yang masih butuh perbaikan di sana-sini. Mau nggak mau, mesti siap-siap dana untuk renovasi.

Banyak orang menanggap bahwa renovasi rumah butuh biaya yang besar. Padahal, jika pintar mengaturnya, kamu bisa kok memangkas anggarannya. Berikut Hipwee Sukses paparkan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghemat anggaran renovasi rumah.

Cara Menghemat Biaya saat Renovasi Rumah

1. Membeli bahan bangunan bekas namun tetap berkualitas

Material dari bahan bekas ini terbagi dalam dua kategori; reuse dan recycle. Contoh material reuse ialah kusen pintu, kaca, jendela, genteng bongkaran, dan kayu untuk atap. Sedangkan untuk material recycle biasanya berupa batu bata dan keramik. Nah, kamu bisa mencari material bekas ini di toko-toko bahan bangunan terdekat.

2. Manfaatkan diskon

Biasanya, selisih harga yang didapat saat diskon lumayan besar lo! Butuh usaha untuk survei memang, tapi kalau selisih harga yang didapat cukup besar kan lumayan bisa menghemat anggaranmu. Bandingkan harga diskon dari beberapa toko untuk menentukan harga terbaiknya.

Baca Juga : Pajak Penjualan Tanah

3. Membeli bahan bangunan dengan cara grosir

Harga bahan bangunan grosir biasanya jauh lebih murah daripada kalau beli satuan. Kalau jumlah material grosiran yang dibeli dirasa terlalu banyak, kamu bisa menyimpan dan menggunakannya untuk mengerjakan proyek renovasi berikutnya.

4. Pekerjaan yang ringan, kamu bisa melakukannya sendiri

Salah satu biaya renovasi rumah yang terbilang cukup menguras kantong adalah ongkos tukang. Untuk menghemat pengeluaranmu, lakukan pekerjaan yang sekiranya bisa dikerjakan sendiri. Mengecat rumah misalnya. Pakailah jasa tukang bangunan untuk pekerjaan-pekerjaan yang sifatnya teknis dan hanya mereka yang bisa mengerjakannya dengan rapi.

Baca Juga : 5 Inspirasi Warna Rumah

5. Melakukan renovasi rumah dengan cara bertahap

Banyak terjadi kegiatan renovasi rumah dilakukan sekaligus, tapi ujung-ujungnya malah berhenti di tengah jalan. Untuk menghindarinya, coba lakukan renovasi satu per satu saja. Misalnya, bulan ini kamu renovasi ruang tamu, tiga bulan lagi kamu baru renovasi dapur, dan seterusnya. Dengan begini, kamu pun nggak akan mengalami pembengkakan biaya.

6. Pilihlah konsep minimalis yang minim detail

Semakin detail konsep rumah yang diinginkan, biaya renovasi pun tentu akan semakin membengkak. Pilih konsep yang minimalis saja. Nggak cuma lebih hemat, konsep minimalis pun kini sedang tren lo! Karena nggak banyak perkakas, kamu pun jadi lebih leluasa untuk membereskan rumah.

7. Buatlah hiasan rumah atau interior sendiri

Jika kesulitan menemukan ide DIY, kamu bisa coba mencari refrensinya melalui media sosial — Pinterest salah satunya. Pilihlah DIY yang mudah dipraktikkan dan minim biaya.

Satu hal lagi yang mesti kamu perhatikan, baiknya jangan lakukan renovasi rumah saat lagi musim hujan. Selain sulit dalam pengerjaannya, renovasi rumah saat musim hujan pun bisa membuat beberapa material jadi mudah rusak.

Belum lagi risiko kecelakaan kerja karena areanya yang licin. Intinya renovasi rumah bakal lebih aman kalau digarapnya pas musim kemarau.

Nah, kamu yang juga lagi berencana untuk merenovasi rumah dengan budget sedikit, semoga info di atas bisa menghemat uangmu, ya!

 

5 Inspirasi Warna Rumah

inspirasi warna rumah

Desain rumah atau ruangan dengan warna krem – Banyak yang kita temui didalam serial drama kotra. Selain bikin aesthetic, warna krem yang diaplikasikan pada ruangan akan menghadirkan kesan hangat, serta membuat ruangan terasa lebih luas dan lega. Pada tahub ini, warna yang meupakan turunan dari warna coklat ini kembali banyak digun

akan. Sebab, secara psikologi, warna krem juga bisa menghadirkan kesan yang tenang dan nyaman.

Anda ingin mengubah warna rumah menjadi lebih aesthetic seperti didrama-drama korea? berikut adalah inspirasi nya.

  1. Warna krem tak melulu dipadan kan dengan warna putih warna ini pun cocok dikombinasikan dengan biru dan hijau

2. Supaya ruanganmu tidak terlalu ramai, warna hijau dan biru untuk ruangan berwarna krem bisa diaplikasikan pada perabotan. Seperti, pada sofa atau bantalan sofanya

3. Jika kamu pencinta warna-warna earth tone, krem bisa menjadi pilihan tepat untuk menghadirkan tema tersebut. Warna ini sangat cocok dipadankan dengan warna kayu dan hijau

4. Dekorasi boho yang kerap diaplikasikan pada kamar tidur akan semakin estetik dengan cat berwarna krem. Jangan lupa memadukannya dengan perabotan bermaterial rotan

5. Untuk kombinasi warna krem yang lebih modern, kamu bisa memadukannya dengan warna teal. Dua warna ini mewakili warna laut dan pasirnya. Hasilnya? Ruanganmu akan menjadi lebih hangat dan estetik

Itulah tadi inspirasi warna krem untuk ruanganmu. Siap mengubah tampilan kamar menjadi lebih segar dengan warna krem?

Ide-Ide Halaman Belakang Rumah yang Asri

ide halaman belakang rumah yang asriHalaman Belakang yang Asri – Siapa sih yang tidak ingin punya ruang outdoor kecil yang serba personal dengan nuansa hijau di rumahnya? Saya yakin, semua orang pasti mengingininya, termasuk kamu juga, ‘kan? Oleh karena hal inilah, tren halaman belakang rumah semakin banyak dilirik.

Halaman belakang rumah bisa menjadi oase tersendiri di dalam hunian yang penuh privasi, tak peduli seberapa pun ukurannya. Acara bersantai juga akan lebih rileks, apalagi jika didesain dengan nuansa yang asri dan homey, pasti kamu tidak mau beranjak dari halaman belakang rumah. Nah, berikut ini, Saya punya sembilan ide halaman belakang rumah minimalis yang bikin betah dan bisa kamu terapkan, bahkan di hunian mungil sekali pun. Yuk, langsung saja cek bersama-sama!

Halaman Belakang Rumah Modern Bohemian

Dengan sedikit pendekatan pola dan warna, halaman belakang rumah bisa tampil lebih rileks ala Bohemian. Pilihlah furnitur space saving bergaya santai dari bahan natural. Kemudian, tambahkan dekorasi yang semarak, seperti cuhion dan bantal dengan warna ceria yang bisa menghidupkan suasana halaman. Kesan modern pada halaman belakang rumah pun akan tetap terjaga dengan platform dan tapak batu yang tersusun rapi.

Halaman Elegan Minimalis yang Serba Praktis

Halaman belakang rumah minimalis yang homey tetap bisa terlihat luks dan elegan, sesuai dengan gaya keseluruhan rumah. Kamu bisa menggunakan dinding batu alam dan furnitur custom dari bahan kayu yang kokoh. Dekorasi hijau bisa hadir dalam bentuk yang lebih praktis, seperti di dalam pot besar atau jajaran planter yang strategis. Terakhir, percantiklah halaman belakang rumah dengan instalasi lampu tanam yang memeberikan kesan mewah.

Halaman Belakang Instagramable dengan Nuansa Modern

Terlihat instagramable, halaman belakang rumah minimalis ini tidak sulit dihadirkan. Penataannya dimulai dari platform kayu yang rapi, aksen dinding yang modern, serta kehadiran furnitur yang matching dengan model kekinian. Lanskap hijau bisa kamu tata sesuai selera. Tak lupa, ada juga jalur tapak di antara rerumputan yang mempermanis estetika halaman belakang rumah ini.

Halaman Belakang Rumah dengan Aksen Putih

Halaman belakang rumah yang satu ini sangat cocok dihadirkan di hunian muungil yang ingin tampil praktis. Suasana asri hadir melalui aransemen pot dan tanaman rendah yang rindang. Fokus halaman belakang rumah ini ada pada furnitur warna putih yang tampil stylish. Nah, supaya tampilan halaman belakang rumah lebih simpel, kamu bisa menggunakan lantai keramik berwarna cerah. Hasilnya? Sangat sederhana, tapi tetap estetik!

Halaman Belakang Rumah Tropis ala Liburan Mewah

Mau merasakan liburan setiap hari di rumah? Contek saja ide halaman bekalang rumah yang bergaya tropis ini! Platform dari bahan solid hadir mendampingi partisi kayu dan furniture multifungai yang kece. Suasana asri yang mengelilingi halaman belakang rumah ini tidak terlalu ramai, tapi efektif berkat penataan yang simetris dengan model pot yang unik. Jadi, jangan lupa berikan perhatian ekstra pada aksen hijau dan dekorasi yang pas!

Halaman Belakang Rumah Bergaya Modern Tradisional

Untuk halaman belakang rumah yang menawan, kamu bisa membawa perpaduan antara berbagai gaya yang kamu suka, seperti ide di atas. Inspirasi ini sukses menata kesan tradisional dengan kursi rendah dengan bahan katyu adari badan ornamen seni bergaya oriental. Pilihan warna abu modern mengelilingi surga kecil di halaman belakang rumah dan menciptakan area santai yang super homey.

Gimana, sudah menemukan desain halaman belakang rumah minimalis yang tepat untuk hunianmu? Kalau sudah, jangan berlama-lama lagi, langsung saja eksekusi di rumahmu! Jangan lupa tambahkan juga dengan aneka dekorasi dan furnitur multifungsi yang bisa kamu dapatkan

Selain untuk halaman, ada juga furnitur untuk interior rumahmu , sofa, meja makan, . Model dan ukurannya beragam, harganya pun ramah di kantong!

8 Inspirasi Rumah Kaca Minimalis yang Mewah

inspirasi rumah kaca minimalis

Desain Rumah Kaca Minimalis – Pemandangan alam sudah sewajarnya dinikmati dan diapresiasi seutuhnya, setuju? ini sebabnya semakin banyak orang yang menyukai konsep rumah kaca minimalis. Tren rumah kaca minimalis ini bisa menjadi istana kecil yang super homey, terutama untuk lokasi properti yang memang memungkinkan, lebih eksekutif, dan punya panorama hijau.

Nah, rumah kaca minimalis juga bisa diterapkan dengan cara tersendiri. buat kamu yang sedang mencari inspirasinya, langsung saja intip desian rumah kaca minimalis yang keren dan mewah pilihan kita dibawah ini!!

 

Desain yang tidak Lengkang oleh waktu

 

Berestetika modern, inspirasi rumah kaca minimalis pertama ini tampil cantik dengan full bahan kaca transparan. Ditemani dengan pemandangan hijau yang menyejukkan. Desain interior ditata dengan perpaduan clasic dan natural. Ini terlihat dari pilihan furnitur yang menawan dan berkelas, mulai dari kursi berbahan kulit, coffe table kaca, hingga karpet yang berbulu,. Sementara itu, Lantai dibiarkan lebih alami dengan aksen herringbone yang mewah.

Rumah kaca Minimalis Modern

 

Saat membayangkan rumah kaca minimalis, jangan langsung batasi dengan satu bahan kaca sebagai strukturnya. Selalu ada cara menghadirkan rumah kaca minimalis dengan konsep bangunan pada umumnya, tetapi tetap menonjolkan bahan kca transparan sebagai konsep utamanya. solusi seperti tirai atau pencahayaan juga bisa diterapkan supaya ada privasi pada saat-sat yang diinginkan.

Sensai Tropis paling Luks

 

Menggabungkan unsur alam bergaya japanese dengan rumah kaca mimimalis memang bisa jadi pilihan yang tepat. Hasilnya adalah sebuah hunian dengan suasana liburan sepanjang tahun. dengan papan atau platfrom kayu, furniture santai dan kolam renang. boleh dibilang rumah kaca minimalis ini goals banget dan pasti dapat nilai sempurna dari setiap orang!

Privasi & View tetap jadi Prioritas

 

Tidak perlu mengorbankan salah satu antara privasi dan pemandangan jika menginginkan rumah kaca minimalis. Ide desain rumah kaca minimalis yang menggabungkan dua keunggulan tersebut bisa didapatkan dengan memanfaatkan fitur pagar rumah dan eksekusi arah desain. Aturlah sedemikian rupa agar bagian bangunan tetap terlindungi pada area tertentu dan biarkan pemandangan maksimal terekspos disisi lainnya.

Style Merah di Antara Hamparan Hijau

 

Sudah nampak dari kejauhan, rumah kaca minimalis modern ini terlihat fantastis dengan penataan yang serba mewah. Tidak hanya desain bentuk megah, penampilannya juga didukung instalasi lighting yang elegan. Tanpa banyak unsur yang ribet ini justru terlihat glowing dihamparan rumput hijau yang rapi.

Baca Juga : Keuntungan Punya Rumah Sendiri

Pemanfaatan pintu & jendela kaca

 

Ada solusi rumah kaca minimalis sederhana yang bisa kamu terapkan. Walaupun bentuk bangunannya seperti model rumah minimalis biasa, tapi kamu bisa mengganti akses dengan pintu geser atau jendela kaca berukuran besar. Strategi ini bisa menghadirkan nuansa rumah kaca minimalis yang lebih space-saving. Anda juga bisa loh menerapkan konsep desain japanese biar makin homey dan adem.

Rumah kaca minimalis Bergaya Hangat

 

Rumah kaca minimalis yang ukurannya tidak terlalu besar ini dibungkus dengan panel kayu pada permukaan bangunannya. dengan material kaca dan kayu, bisa dibayagkan bagian interiornya juga minimalis tapi hangat dan menawan. Boleh banget ditiru, nih khususnya buat kamu yang punya perkarangaan luas agar tetap ada kesan privasinya.

Hitam Putih Minimalis Sejati

 

Salah satu pelet warna cat rumah yang bagus untuk desain rumah kaca minimalis adalah kombinasi hitam putih yang memang menjadi favorit sejak dulu. Inpirasi ini terlihat simpel, tapi bergaya aesthetic maksimal. Dengan adanya  atap berukuran ekstra yang menaungi bagian teras, ada ruang bersantai yang terlihat. styling bagian interiornya juga sederhana, tapi mewah dengan furnitur berkualitas.

Nah, dari semua inspirasi rumah kaca minimalis di atas, kira-kira desain mana nih yang mau kamu wujudkan? apapun pilihan mu, pstikan agar bahan kaca atau material lain yang kamu gunakan berkualitas, ya!